Gizi Seimbang: Pentingnya Makanan Bergizi bagi Kesehatan

 Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang adalah bagian penting dalam menjaga kesehatan. Semua orang perlu memenuhi kebutuhan gizinya, bukan hanya atlet atau olahragawan. Jika Anda terbiasa mengonsumsi makanan bergizi, itu akan membantu Anda merasa bugar sepanjang hari—bahkan sepanjang tahun!

Dalam artikel ini Anda akan memperoleh informasi-informasi yang berguna mengenai pentingnya gizi seimbang. Anda akan mengetahui apa pengertian gizi seimbang, apa akibatnya jika mengalami kekurangan gizi, dan apa saja yang termasuk makanan bergizi.

Apa Pengertian Gizi Seimbang?

Menurut Kementrian Kesehatan RI, gizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman makanan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan berat badan normal untuk mencegah masalah kurang gizi.

Pada intinya, gizi seimbang terdiri dari komponen-komponen yang: cukup jumlahnya, cukup kualitasnya, mengandung beragam zat gizi (energi, protein, vitamin, dan mineral) yang dibutuhkan tubuh untuk bertumbuh (pada anak-anak), untuk menjaga kesehatan, untuk melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari, serta menyimpan zat gizi untuk mencukupi kebutuhan tubuh saat konsumsi makanan yang kurang bergizi.

Sejak tahun 1955 di Indonesia telah diterapkan “Pedoman Gizi Seimbang” untuk menggantikan slogan “4 Sehat 5 Sempurna” yang dulu populer tetapi sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia gizi.

Pedoman gizi seimbang memiliki empat prinsip utama yang tujuannya untuk menyeimbangkan antara zat gizi yang dikeluarkan dengan zat gizi yang dimasukkan melalui pemantauan berat badan. Empat prinsip utama tersebut yaitu:

Konsumsi Aneka Ragam Makanan

Gizi seimbang datang dari pola makan yang sehat dan beraneka ragam. Tidak ada satu jenis makanan pun yang memuat semua gizi atau nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap sehat. Karena itulah, pola makan Anda haruslah terdiri dari beragam jenis makanan bergizi yang berbeda. Tujuannya supaya Anda mendapatkan berbagai gizi yang dibutuhkan tubuh.

Di samping beraneka ragam, Anga juga perlu memperhatikan jumlah dan proporsinya. Agar memenuhi kriteria gizi seimbang, proporis makanan bergizi harus seimbang, jumlahnya cukup, tidak berlebihan, dan dikonsumsi secara teratur. Mengenai apa saja jenis makanan bergizi yang dianjurkan dikonsumsi, ini akan dijelaskan lebih lanjut dalam bagian selanjutnya.

Perilaku Hidup Bersih

Tahukah Anda bahwa penyakit infeksi adalah salah satu faktor utama yang berdampak langsung pada keadaan gizi seseorang (khususnya anak-anak)? Orang yang mengalami penyakit infeksi sering menjadi kurang nafsu makan sehingga jumlah dan jenis makanan bergizi yang diasupnya berkurang.

Padahal, dalam keadaan infeksi, tubuh sebenarnya membutuhkan lebih banyak zat gizi karena metabolismenya meningkat terutama jika disertai peningkatan suhu tubuh. Pada orang yang terkena diare, ia sudah kehilangan banyak cairan akibat gejala diarenya, dan kondisinya diperburuk apabila tidak mencukupi kebutuhan gizinya.

Demikian juga pada kasus yang sebaliknya; orang yang mengalami kurang gizi akan riskan terserang penyakit infeksi. Karena pada kondisi kurang gizi, daya tahan tubuhnya berkurang sehingga kuman penyebab penyakit lebih mudah menyerang tubuh. Jadi, ada kaitan erat dan hubungan timbal balik antara penyakit infeksi dengan kondisi kurang gizi.

Anda perlu membiasakan diri menjaga kebersihan supaya terhindar dari berbagai sumber infeksi. Contohnya dengan selalu cuci tangan yang bersih sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan/minuman, sebelum menyusui bayi, dan setelah menggunakan toilet.

Mengupayakan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik adalah segala kegiatan yang dilakukan tubuh, termasuk olahraga, yang dapat membantu menyeimbangkan antara zat gizi (terutama energi) yang dimasukkan dengan zat gizi yang dikeluarkan.

Aktivitas fisik menggunakan simpanan energi dalam tubuh. Di samping itu, aktivitas fisik juga membantu memperlancar metabolisme-metabolisme dalam tubuh, terhitung metabolisme zat gizi. Jadi aktivitas fisik penting untuk menyeimbangkan antara zat gizi yang dikeluarkan dan yang diasup ke dalam tubuh.

Memantau Berat Badan Normal

Pada orang dewasa, salah satu yang menjadi petunjuk bahwa tubuh dalam keadaan gizi seimbang adalah berat badan yang normal. Berat badan dianggap normal jika sesuai dengan tinggi badannya. Indikator untuk mengetahui berat badan normal biasanya menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT).

Pada bayi dan balita, indikator yang digunakan untuk memantau perkembangan berat badannya adalah dengan metode KMS. Dalam metode ini perkembangan berat badan normal bayi dan balita disesuaikan dengan pertambahan umurnya.

Sebagai intinya, berat badan bisa dikatakan normal jika: IMT dalam kisaran 18,5 – 25,0 pada orang dewasa, dan KMS berada dalam pita hijau untuk anak bayi dan balita.

Apa Saja Dampak dari Kurang Gizi?

Anda perlu mengonsumsi beraneka ragam makanan bergizi supaya tubuh dalam keadaan gizi seimbang. Dan gizi seimbang akan memungkinkan tubuh untuk berfungsi dengan baik meskipun usia terus bertambah. Apabila kebutuhan gizi tidak dipenuhi, Anda akan mengalami kondisi kurang gizi, dan ini berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut adalah dampak-dampak dari kurang gizi yang perlu dihindar

  1. Merasa Kelelahan
  2. Rambut Kering dan Gampang Patah
  3. Kuku Bergerigi atau Cekung ke Dalam
  4. Masalah Gigi
  5. Sembelit atau Konstipa
  6. Gangguan Mood dan Mental
  7. Mudah Memar dan Luka Lama Sembuh
  8. Daya Tahan Tubuh yang Lemah

Apa Saja yang Termasuk Makanan Bergizi?

Mutu dan kelengkapan zat gizi dapat diperoleh dari keanekaragaman jenis makanan bergizi yang dikonsumsi. Semakin beragam makanan yang dikonsumsi, akan semakin mudah juga untuk mencapai keadaan gizi seimbang. Dalam pedoman gizi seimbang oleh Kementrian Kesehatan RI, dijelaskan bahwa ada lima kelompok makanan yang dianjurkan dikonsumsi setiap hari atau setiap kali makan.


Lima kelompok makanan tersebut yaitu makanan pokok, sayuran, lauk-pauk, buah-buahan, dan air. Akan lebih baik apabila setiap kali makan Anda mengonsumsi lebih dari satu jenis makanan dari setiap kelompok tersebut. Berikut akan dijelaskan masing-masing dari setiap kelompok makanan bergizi tersebut.

Dari artikel ini Anda sekarang sudah tahu bahwa gizi seimbang adalah salah satu syarat mutlak untuk menikmati kehidupan yang baik. Apabila kebutuhan nutrisi tidak tercukupi, tubuh akan mengalami kondisi kurang gizi yang berdampak buruk bagi kesehatan.

Untuk mencapai keadaan gizi seimbang, Anda perlu mengonsumsi lima kelompok makanan bergizi yang terdiri dari: makanan pokok, sayuran, lauk-pauk, buah-buahan, dan air. Manfaatnya akan lebih baik lagi jika Anda mengonsumsi lebih dari satu macam makanan dari setiap kelompok tersebut.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hidup Sehat Dengan Gizi Seimbang

Pengertian Ilmu Gizi dan Mengapa Penting dalam Masyarakat?