Pengertian Ilmu Gizi dan Mengapa Penting dalam Masyarakat?

 

 


Sebagai makhluk hidup, manusia wajib makan untuk dapat bertahan hidup. Makanan yang kita makan kemudian akan dicerna oleh organ tubuh guna menyerap zat-zat termasuk gizi kedalam tubuh. Nah, gizi yang dipelajari melalu ilmu gizi inilah yang memastikan fungsi tubuh mampu berjalan sebagaimana mestinya.

Pengertian Ilmu Gizi

Secara umum, pengertian Ilmu Gizi adalah studi tentang makanan, gizi, dan zat makanan lainnya, serta pemrosesan zat makanan dan hubungannya dengan kesehatan dan penyakit yang digunakan sebagai acuan dalam menerapkan program tertentu.

Seorang ahli gizi memahami bagaimana makanan dicerna, diserap, dan diproses pada berbagai tahap kehidupan. Mereka lalu menyelidiki efek kekurangan dan kelebihan gizi untuk mencegah dan mengobati suatu penyakit. Mereka yang bekerja di bidang ilmu gizi juga memanfaatkan pengetahuan ilmu-ilmu sosial untuk memahami faktor-faktor sosial budaya, psikologis, ekonomi, dan politik yang mempengaruhi pilihan makanan dan status kesehatan.

Mempelajari berbagai faktor tersebut melalui pendekatan yang beragam, mulai dari studi jalur biokimia dan interaksi dengan genetika, hingga mengamati asupan dalam populasi tertentu dan hubungannya dengan hasil epidemiologi gizi, serta merancang dan menguji program untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Mengapa Ilmu Gizi Penting dalam Masyarakat

Dalam masyarakat, ilmu gizi diperlukan untuk menetapkan kebutuhan gizi yang diperlukan untuk mendukung kelangsungan hidup, pertumbuhan, dan perkembangan masyarakat secara luas, anak-anak dan lansia atau pasien penyakit tertentu.

Ilmu gizi mampu mengidentifikasi permasalahan gizi yang timbul dalam suatu kelompok masyarakat lalu menyusun program untuk memecahkan permasalahan tersebut. Kesemuanya itu demi meningkatnya derajat kesehatan dalam masyarakat.

Anda bisa menjadi bagian dari upaya tersebut dengan menjadi seorang ahli gizi dengan kuliah di jurusan ilmu gizi. Salah satu perguruan tinggi terbaik yang menyediakan program studi ilmu gizi Banjarbaru adalah STIKes Husada Borneo yang berkomitmen menciptakan lulusan yang berkualitas.

Pendaftaran program studi S1 Ilmu Gizi STIKes Husada Borneo yang telah terakreditasi Baik dapat dilakukan secara online melalui tautan https://bit.ly/DaftarSTIKESHB. Daftarkan diri Anda sesegera mungkin untuk mendapatkan berbagai potongan biaya yang ditawarkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gizi Seimbang: Pentingnya Makanan Bergizi bagi Kesehatan

Hidup Sehat Dengan Gizi Seimbang